TAJ MAHAL

Taj Mahal

*** TAJ MAHAL *** 

Taj mahal adalah sebuah monumen situs warisan dunia, berada di daerah Uttar pradesh Agra India. terletak di pinggir sungai yamuna, sungai yamuna diapit oleh Taj mahal dan benteng merah dan merupakan arsitektur campuran Turki, Persia & India

kata Taj mahal berasal dari taz mahal (mumtaz mahal) .Taj mahal didirikan thn 1632-1653 dipersembahkan sultan Shah jahan, untuk mengenang istri persianya Arjumand banu begum (mumtaz ul mahal) yg meninggal 17 juni 1631 setelah melahirkan anak ke 14 nya Gauhara begum.

sebelum bangunan Taj mahal didirikan tadinya itu haveli (kediaman) milik Raja Jai singh. seorang Raja Ameer, Raja Jai singh mewarisi harta kekayaan keluarganya yg melimpah serta gelar dari kakeknya Raja Maan singh yang meninggal pada th 1615 akibat pertempuran di Deccan.

Pangeran khurram (Shah jahan) adalah anak ke 3 pangeran Salim (jahangir) dan Salim anak ke 3 Jodha & Akbar , jadi Shah jahan adalah cucu dr Jodha & Akbar.

kenapa serial ini dibuat dari Jodha dan Akbar, karena Akbarlah Raja Mughal paling dikenal dlm sejarah, dan hanya Akbar yg diberikan gelar " the great" dia diberikan gelar Akbar karena bisa bertoleransi terhadap 2 agama islam dan hindu, konon belajar dr istri yg sangat dicintainya Jodha.

kisah cinta mereka inilah yg mengilhami pada anak dan cucunya, kisah cinta yg penuh cinta,airmata, perjuangan dan kebahagiaan, kisah cinta yg dikenang sejarah sampai sekarang hampir 450 tahun .

Ketika Aurangzerb (anak ke 4 Shah jahan) merebut tahta dan membunuh semua saudara laki2nya pewaris tahta Dara shikoh , Murad dan Shah suja.Shah Jahan bersedih teringat Kisah lama terulang kembali.karena dulu dia juga merebut tahta dengan membunuh saudaranya pangeran Khusrau Mirza, Parviz dan Shahryar. 

Sultan Shah jahan dan Jahanara padshah begum (saudara perempuannya aurangzerb) ditawan Aurangzerb di Musamman burj (menara persegi delapan), menara persegi delapan Musamman burj mempunyai pemandangan langsung ke taj mahal.

disana lah setiap hari Sultan Shah jahan hanya bisa melihat dan meratapi Taj mahal dari kejauhan tanpa bisa menyentuhnya, sampai dia meninggal 22 januari 1666 kurang lebih 9 thn setelah Aurangzerb memenjarakannya. Raja Hindustan yg termashur & kaya raya meninggal dengan kesedihan dan tanpa ada upacara layaknya seorang Raja besar.

Sultan Shah jahan tidak tahu, walaupun dia meninggal dlm kesedihan & tawanan anaknya, namanya akan melambangkan keagungan & kemegahan kesultanan Mughal di Hindustan, bahwa generasi mendatang akan mengingatnya dengan kagum, sebab dia akan senantiasa dikenang & dihormati sebagai Sultan Mughal yg membangun Taj mahal.

Penulis : eliss


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "TAJ MAHAL"

Terimakasih atas kunjungan anda. Mohon tidak copy paste artikel yg ada di blog ini, terimakasih

 
Copyright © 2015 HimE aiMe - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top