BAGAIMANA aKBAR DAN BIRBAL BERTEMU




Bagaimana Raja Jalal dan Birbal pertama kali bertemu.- PART 1

Raja Jalaluddin Muhammad suka berburu. Bahkan dulu saat masih anak-anak, Jalal sering melarikan diri dari pelajaran yang diberikan gurunya untuk pergi berkuda dan berburu. Ketika Jalal tumbuh dewasa, dia mahir berkuda dan menjadi pemburu yang sangat pemberani. Suatu hari saat mengejar seekor harimau, Jalal dan beberapa prajuritnya berkuda sangat cepat hingga meninggalkan yang lain di belakang. Mereka telah menempuh perjalanan jauh dari ibukota Kerajaan di Agra dan ketika malam menjelang mereka baru sadar bila sudah tersesat. Mereka lapar dan lelah. Akhirnya, mereka sampai di suatu tempat dimana tiga jalan bertemu.
“Akhirnya kita menemukan sebuah jalan”, Jalal berteriak gembira. Kemudian, dia bertanya pada para prajuritnya, “Jalan mana yang sebaiknya kita ambil?” Jalan mana yang menuju ke Agra? Semua jalan terlihat sama.” Sulit menentukan jalan mana yang menuju ke Agra. Saat itu, seorang laki-laki datang berjalan menyusuri salah satu jalan. Melihat laki-laki itu, Jalal memanggilnya dan memerintahkan dia untuk maju. Laki-laki itu menuruti perintah Jalal, dia menatap pemburu kaya yang berpakaian bagus itu dengan mata cerah. "Beritahu kami, Tuan", kata Jalal, "mana jalan pergi ke Agra?"
Laki-laki itu pun mulai tersenyum. "Tuan, semua orang tahu bahwa jalan tidak bisa bergerak. Bagaimana bisa jalan ini pergi ke Agra, atau pergi ke tempat lain", katanya dan dia perlahan menertawakan gurauannya sendiri.
Tiba-tiba suasana hening. Jalal menatap tajam lelaki itu. Prajuritnya menahan napas. Mereka tahu persis bagaimana sifat Jalal. Tidak ada dari mereka yang berani mengucapkan sepatah kata pun. Laki-laki itu berkata, "Orang-orang melakukan perjalanan, tapi tidak dengan jalan, iya kan?"
"Tidak, tentu saja tidak", jawab Jalal dan tiba-tiba mulai tertawa. Dengan gugup, prajuritnya mulai tertawa juga. Laki-laki itu mengabaikan mereka dan terus menatap kaisar dengan mata berbinar.
"Siapa nama anda?" Jalal bertanya pada laki-laki tersebut.
"Mahesh Das", jawabnya. "Dan siapa namamu, Tuan?"
Jalal melepas cincin zamrud besar yang dikenakannya dan memberikannya kepada lelaki itu.
"Anda berbicara dengan Jalaluddin Muhammad, Kaisar Hindustan."
"Kami perlu laki-laki tak kenal takut seperti Anda di pengadilan kami, Mahesh Das. Bawa cincin ini dengan Anda ketika Anda datang, dan saya akan mengingat Anda. Dan sekarang, tolong tunjukkan pada kami jalan yang harus kami ambil untuk sampai ke Agra ". Mahesh Das membungkuk hormat dan menunjuk ke arah ibukota. Raja Jalal memutar kudanya dan berlari pergi, diikuti oleh para prajuritnya.


by : joyce
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk " BAGAIMANA aKBAR DAN BIRBAL BERTEMU"

http://paketsamui.blogspot.com/ paket tour ke Koh Samui Murah dan Lengkap

Terimakasih atas kunjungan anda. Mohon tidak copy paste artikel yg ada di blog ini, terimakasih

 
Copyright © 2015 HimE aiMe - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top