TODAR MAL



Raja Todar Mal lahir di Laharpur, Uttar Pradesh dalam keluarga Hindu. Dia diangkat menjadi menteri keuangan di Akbar Darbar di kerajaan Mughal.
 

Ayah Todar Mal wafat ketika ia masih sangat muda dan tidak meninggalkan kehidupan yg sangat berarti untuknya. Todar Mal memulai karirnya dari posisi seorang penulis yg rendah hati tpi perlahan bergerak naik ketika Afghanistan/Pashtun raja Sher Shah Suri menyuruhnya utk bertanggung jawab terhadap bangunan baru yaitu Benteng Rostas di Punjab dgn tujuan utk mencegah penjajahan Ghakkar dan juga sbg penghalang utk Mughal di barat laut.
Setelah Dinasti Suri digulingkan Mughal. Todar Mal trus melakukan pelayanan publik. Di bawah kekuasaan kaisar Akbar, ia bertanggung jwb atas Agra dan menetap di Gujarat. Kemudian dia jg yg bertanggung jwb atas Gujarat. Dia juga mengatur Akbar's Mint di Bengal dgn sebaik mungkin spt yg di Punjab. Raja Todar Mal membangun sebuah istana di Laharpur, Sitapur, Uttar Pradesh.

SEBAGAI MENTERI KEUANGAN AKBAR

Todar Mal menghasilkan KHWAJA MALIK I'TIMAD KHAN pd thun 1560. Raja Todar Mal memperkenalkan Standar Bobot dan Ukuran, Survei tanah dan sistem penyelesaian pendapatan kabupaten dan petugas. Dia dapat dianggap sbg salah 1 ahli statistik pertama di India dan mungkin di dunia. Dia juga termasuk sbg salah satu dr 9 permata Mughal (Navaratnas). Banyak dr skema dasar pengumpulan data yg dipraktekkan berabad-abad lamanya di benua India dan negara tetangga yg dikaitkan dgnnya. Surat tanah, pembagian tanah merupakan hasil karyanya. Sistem ini dipelihara oleh Patwari dan msh dgunakan di benua India yg ditingkatkan oleh Inggris dan gubernur India.
Raja Todar Mal sbg menteri keuangan dr Akbar memperkenalkan sistem baru dr pendapatan yg dkenal dgn ZABT dan sistem perpajakan yg disebut DAHSHALA. Dia mengambil survei dgn sgt hati2 thdp hasil panen dan harga dibandingkan utk 10tahun (1570-1580). Atas dasar ini pajak tetap pd setiap tanaman secara tunai. Tiap propinsi dibagi ke dlm siklus pendpatan dgn tingkat pendapatan mereka sndiri dan jdwl individu tanaman. Sistem ini tdk berlaku di propinsi Gujarat dan Bengal.

Setelah kematian Todar Mal pd 8 Nov 1589 di Lahore, tubuhnya dikremasi mengikuti tradisi Hindu. Raja Bhagwan Das yg bertanggung jwb di Lahore, hadir dlm upacaranya. 2 dr anaknya Todar Mal yaitu Dhari tewas dlm pertempuran di Sindh. Anaknya yg lain Kalyan Das telah dikirimkan oleh Todar Mal utk dibawa ke Raja Kumaon. Dia diangkat menjadi menteri keuangan di Akbar Darbar. Todar Mal merombak sistem pendapatan dr Kerajaan Mughal Akbar. Todar Mal jg menterjemahkan Bhagavanta Purana ke bahasa Persia.
Keturunan Todar Mal menetap di kota Jodhpur, negara bagian Rajasthan.
Kuil Kashi Vishwanath dibangun kembali oleh Todar Mal thn 1585.


penulis : 
Resza Restu Nirmala
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "TODAR MAL"

Terimakasih atas kunjungan anda. Mohon tidak copy paste artikel yg ada di blog ini, terimakasih

 
Copyright © 2015 HimE aiMe - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top